Body kit untuk motor atau mobil bermanfaat untuk beberapa hal. Selain membuat tampilan kendaraan lebih menarik, body kit juga punya manfaat teknis seperti meningkatkan kemampuan aerodinamika.

Terdapat beberapa jenis bahan baku body kit. Yang paling umum dikenal adalah bahan fiberglass, polyurethane, dan carbon fiber. Selain untuk body kit, bahan ini juga digunakan pada bagian tertentu kendaraan seperti body.

Lantas, apakah perbedaan di antara ketiganya? Apa pula kelebihan dan kekurangannya? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

 

 

Fiberglass

Fiberglass atau kaca serat atau serat gelas sederhananya merupakan kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini bisa dipintal dan dicampur dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat.

Kelebihan material ini adalah mudah dibentuk menggunakan cetakan. Cetakannya pun relatif murah dan tidak perlu mesin khusus.

Meski begitu, karena terbuat dari kaca, bahan ini lebih mudah patah atau pecah. tingkat presisinya pun ada di bawah material lain.

Polyurethane

Polyurethane atau poliuretana (pu) merupakan bahan hasil campuran antara karet dan plastik. Kekakuan, kekerasan, dan kepadatan bahan ini sangat beragam, tergantung komposisi campurannya.

Beberapa keunggulan poliuretana jika dijadikan bahan baku body adalah tahan aus, lebih tahan benturan dan gesekan, tetap fleksibel meski dalam temperatur rendah, serta lebih tahan oli atau bahan kimia lain.

Meski begitu, jika dibanding bahan lain, harga poliuretana lebih mahal, sehingga relatif jarang digunakan.

Carbon fiber

Carbon fiber atau plastik diperkuat serat karbon adalah material komposit yang diperkuat oleh fiber. Plastik yang biasa digunakan umumnya adalah epoxy, tapi ada juga yang menggunakan polyester atau vinylester.

Serat karbon kaku, kuat, tetapi tetap ringan. Dalam hal pembuatan pun cukup mudah. Karena karakter itu, bahan ini juga kerap digunakan untuk membuat konstruksi pesawat hingga rangka sepeda modern.

Kelebihan yang dimilikinya berbanding lurus dengan harga. Karena itu pula, mobil atau motor yang dilengkapi dengan material karbon fiber biasanya dibanderol dengan harga di atas rata-rata.

Perbedaan Bahan Fiberglass hingga Carbon Fiber

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *